PENGARUH BAHASA INGGRIS DI DALAM BUDAYA BERBAHASA INDONESIA

Sabtu, 10 Oktober 2009

Banyak masyarakat Indonesia mulai menggemari bahasa inggris. Tidak hanya di kalangan orang dewasa, bahkan para orang tua sekarang pun mulai membiasakan kepada putra putri mereka untuk menggunakan bahasa inggris dalam berkomunikasi. Bukan hanya di mulai dari sekolah dasar bahasa inggris di terapkan. Bahkan di taman kanak-kanak pun kini mulai di ajar kan untuk berkomunikasi bahasa inggris. Memang sangat ironis jika kita melihat anak yang baru berusia 3 tahun yang sedang seharus nya asyik bermain di taman kanak-kanak kini harus mulai di jejali bahasa inggris yang seharus nya belum tepat untuk dipelajari. Akan tetapi dengan seiring nya perkembangan zaman. Para orang tua berburu untuk memasuk kan buah hati mereka sajak kecil ke taman kanak-kanak yang sudah di lengkapi dengan pengajaran tentang berbahasa inggris.

Sangat di sayang kan sekali, kenapa harus bahasa inggris yang menjadi prioritas utama dalam berkomunikasi. Jika semua ini tetap dipertahankan, tidak menutup kemungkinan secara perlahan-lahan masyarakat di Indonesia akan menjunjung tinggi bahasa inggris untuk berkomunikasi. Sementara masih banyak hal dan ilmu dalam bahasa Indonesia yang tidak kalah penting nya untuk di proritaskan.

Memang sangat membanggakan jika kita bisa menguasai berbagai macam bahasa. Apa lagi di zaman globalisasi seperti sekarang ini. Bahkan Bahasa inggris pun sekarang telah menjadi bahasa universal yang mengharuskan setiap orang harus bisa berkomunikasi dengan bahasa inggris. Tetapi tidak seharusnya kita melupakan bahasa sehari-hari kita yaitu berkomunikasi dengan bahasa Indonesia. Walaupun kita dapat berkomunikasi dengan baik dalam bahasa inggris, alangkah baik nya ketika kita berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik.

Akan tetapi masyarakat di Indonesia lebih banyak menguasai bahasa inggris dari pada bahasa Indonesia. Pengaruh bahasa inggris di Indonesia sangatlah kuat. Karena ada banyak hal yang menguntung banyak pihak jika dapat berkomunukasi dalam bahasa inggris dengan baik. Bahasa inggris yang sudah menjadi bahasa universal, akan memudahkan siapa saja untuk berkomunikasi. Ini hanyalah salah satu dari pengaruhnya bahasa inggris ke dalam budaya berbahasa Indonesia.

Jika kita cermati secara seksama, perlahan-lahan bahasa inggris hampir menguasai separuh penduduk Indonesia. Bahasa Indonesia pun tidak kalah sepecialnya dengan bahasa inggris. Andai saja masyarakat lebih mendalami bahasa Indonesia, maka kebudayan untuk berkomunukasi dangan bahasa Indonesia akan semakin kuat dan tidak akan tersaingi dengan bahasa inggris.

Kita dapat mengambil contoh begitu besar pengaruh bahasa inggris di dalam budaya berbahasa Indonesia. Siapa yang tidak mengenal PULAU DEWATA BALI. Pulau yang begitu indah, bermacam-macam adat istiadat, dan bermacam-macam bahasa. Akan tetapi dengan seiringnya perkembangan zaman juga, kini PULAU DEWATA BALI telah identik denagan bahasa inggris. Karena separuh penduduk di pulau itu adalah orang asing atau biasa di sebut turis.

Dahulu masyarakat bali biasa menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi dengan yang lain. Sekarang masyarakat di PULAU BALI harus bisa bekomunikasi dengan bahasa inggris. Oleh karna itu masyarakat banyak yang berusaha belajar bahasa inggris. Jika mereka tidak mengerti, mereka tidak bisa bekerja. Karena di lingkungan sekitar meraka sudah memprioritas kan bahasa inggris sebagai bahasa untuk berkomunikasi sehari-hari.

Sangat di sayangkan memang. Kenapa penduduk asli Indonesia tidak dapat mempertahankan kebudayan mereka untuk selalu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia. Dan yang sangat di sesalkan masyrakat Indonesia lebih bangga menggunakan bahasa inggris untuk berkomunikasi dari pada menggunakan bahasa Indonesia. Dengan kemauan kita semua, Bahasa Indonesia seharus nya dapat di pertahankan agar tidak tersingkir secara perlahan-lahan. Karena pengaruh bahasa inggris ke dalam budaya berbahasa Indonesia.

0 Comments: